Minggu, 22 April 2018



Pengertian Internet:

Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi.  

Informasi dalam Internet umumnya disebarkan melalui suatu halaman website yang dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange). Untuk dapat menampilkan halaman website diperlukan suatu perangkat lunak aplikasi yang disebut dengan browser. Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Safari dan Internet Explorer merupakan contoh dari browser. Halaman utama suatu website disebut dengan homepage. 

Dari halaman utama kita dapat membuka berbagai macam informasi melalui tombol yang disebut dengan link. Link dapat menghubungkan kita dengan halaman atau website lainnya, sehingga informasi yang dapat kita peroleh menjadi kaya. Layanan berupa situs yang digunakan dalam memudahkan pencarian informasi disebut dengan Web Search Engine. 

Contoh dari web search engine adalah Google, Yahoo, dan Bing. Dengan web search engine kita cukup menuliskan kata kunci dari informasi yang akan kita cari, dan dalam hitungan detik informasi tersebut dapat ditemukan. Misalnya dalam mencari informasi tentang artis favorit, kita tinggal mengetik nama artis tersebut sebagai kata kunci di web search engine.

Fungsi Internet:

Sebagai sumber informasi dan pengetahuan online
Dalam dunia yang maju seperti saat ini, internet bisa dipergunakan untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kejadian hari ini ataupun kejadian masa lalu. Diinternet banyak sekali penulis yang memberikan informasi dan pengetahuan. Didukung dengan kecepatan internet yang setiap tahunnya semakin cepat, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan.

Sebagai media jual beli online
Banyak sekali yang memanfaatkan internet menjadi ladang pengasilan, diantaranya adalah dengan jualan online, ya online shop saat ini semakin menjamur di semua negara tak terkecuali di Indonesia. Sangat mudah karena hanya bermodalkan internet kita bisa memasarkan apa saja yang kita miliki.
Sebagai media hiburan
Didalam internet, banyak sekali yang menyediakan situs-situs. Mulai dari situs jual beli online sampai situs-situs yang memang diperuntungkan untuk sarana hiburan. Misalnya youtube, ketika lelah kita bisa mendengarkan dan melihat video-video lucu yang ada di youtube.
Sebagai media komunikasi. Semakin pesatnya perkembangan internet menjadikan komunikasi dengan media internet semakin mudah. Misalnya kita chatting melalui media sosial. Hanya hitungan detik bukan? 

Sebagai media Pencarian lowongan pekerjaan
Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan banyak sekali. Namun kita tentu harus mewaspadai orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memberikan informasi mengenai penipuan lowongan pekerjaan online.

Manfaat Internet:

Browsing
Browsing adalah kegiatan menjelajah situs-situs yang ada di internet. Ada beragam situs yang bisa di akses dalam internet seperti situs sumber informasi, situs hiburan, situs sosial, situs jual-beli, dll. Dengan mudahnya mengakses situs-situs tersebut kebutuhan manusia menjadi lebih mudah terwujud.

Mencari apa yang tidak kita ketahui
Pada dasarnya sama dengan browsing, jika browsing mencari apa yang kita butuhkan. Sedangkan kali ini, kita dapat mencari apa pun yang tidak kita ketahui. Informasi apa saja semuannya tersedia dalam internet, yang perlu kita lakukan hanyalah mengetikkan apa yang kita cari di Google atau mesin pencari.

Komunikasi
Kumunikasi yang dilakukan dalam internet ada berbagai macam. Misalnya komunikasi dalam bentuk text bisa dilakukan dengan e-mail dan sosial media, komunikasi dalam bentuk suara dan audio juga biasanya terdapat pada layanan sosial media atau layanan khusus.

Lebih murah, irit dan efisien
Kenapa bisa di katakan lebih murah irit dan efisien, bisa anda bayangkan saja coba anda menggunakan sms dan telfon tiap hari pastinya akan menghabiskan banyak pulsa, tapi hanya berupa paket internet dengan mendaftar perbulan anda sudah bisa melakukan semua kegiatan online tanpa biaya lain, kecuali jika paket internet anda habis, tapi kalau saya sendiri hitung-hitung memang lebih irit menggunakan interent, sampai hp saja pulsanya pada habis, hehehehehe

Sarana Pendidikan
Nah ini yang terpenting buat kita khususnya bagi anda pelajar dengan menggunakan internet secara positif tentunya anda bisa belajar semua materi pelajaran dengan mudah lewat internet, dan disini saya asumsikan jangan menyalah gunakan sebuah koneksi internet, justru jika di gunakan dengan baik akan membawa manfaat yang banyak buat kita semua.

Menghasilkan Uang
Yah internet selain menghabiskan uang juga bisa di gunakan sebagai salah satu penghasil uang, seperti kita cermati banyak sekarang para pembisnis online dengan karya yang cerdik baik dari lewat ebook, MLM ataupun yang lain bisa menghasilkan ratusan juta dalam sebulan, termasuk blog ini pun juga bisa menghasilkan banyak uang, ini tidak akan saya bahas lebih lanjut tapi lain kali saja ya

Jual Beli Via online
Sekarang ini memang marak transaksi jual beli via online dan banyak situs besar mendirikan berbagai website jual beli online dengan menjual berbagai kebutuhan barang elektronik, peralatan rumah tangga ataupun yang lain, semua bisa di laksanakan dengan internet, mudah bukan cukup di rumah tinggal beli, bayar barang sudah sampai dirumah, tapi berhati-hatilah ada juga yang memanfaatkan kondisi ini menjadi salah satu unsur penipuan.

Hingga saat ini perkembangan internet masih terus berlanjut. Sebagai pengguna internet kita harus bersyukur karena perkembangan internet membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Selain itu, kita juga harus bijak dalam menggunakannya dan memberikan kontribusi positif pada perkemabangan internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Recent Posts Widget

Buku Tamu

Komentar Terbaru

Statistik