Minggu, 22 April 2018


Internet (Interconnected Network) merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. 

Karena fungsinya yang sangat besar, internet pun bisa dibilang telah ada di semua negara di dunia, melayani milyaran manusia yang terhubung dengan komputer-komputer mereka. Internet telah mewujudkan diri sebagai teknologi canggih, industri yang menjanjikan, serta sarana untuk berbagai keperluan. Dalam hal penggunaan internet, berikut ini negara-negara yang merupakan pengguna internet terbesar di dunia.

1. Cina
Jumlah Pengguna Internet : 736,2 juta orang
Jumlah Penduduk : 1.373.541.278 jiwa
Rasio : 51%
Lokasi : Benua Asia

Wajar jika Cina menduduki peringkat teratas dalam hal penggunaan internet, karena negara itu memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Negara bernama lengkap Republik Rakyat Cina itu memiliki populasi sekitar 1,37 miliar, dengan pengguna internet sebanyak 538 juta orang. Berdasarkan hal itu, sebanyak 20 persen pengguna internet dunia berasal dari Cina.

Selain itu, penetrasi internet di Cina mencapai 40,1 persen dari jumlah penduduk, sehingga selalu ada kemungkinan jumlah pengguna internet di Cina akan terus membesar dari tahun ke tahun. Kenyataan itu pula yang ditangkap para pengembang lokal di Cina yang kemudian menciptakan mesin pencari sendiri, situs jejaring sosial sendiri, dan lain-lain. Mesin pencari (search engine) lokal Cina, Baidu, bahkan mengalahkan Google di sana.

2. Amerika Serikat
Jumlah Pengguna Internet : 269,7 juta orang
Jumlah Penduduk : 323.995.528 jiwa
Rasio : 82%
Lokasi : Benua Amerika Utara

Sebagai negara maju, Amerika Serikat tidak hanya memiliki jumlah peduduk yang banyak, tapi juga tempat bermarkasnya raksasa-raksasa internet. Google, Yahoo!, juga Facebook, lahir di Amerika dan berkantor di sana. Karenanya sangat wajar kalau penduduk negara itu pun sangat akrab dengan internet.

Pada saat ini, jumlah populasi di Amerika Serikat sekitar 323 juta jiwa, dengan pengguna internet sekitar 245 juta orang. Artinya, penetrasi internet di sana mencapai 82 persen dari jumlah penduduk, dan berarti pula 10,2 persen pengguna internet di dunia berasal dari Amerika.

3. India
Jumlah Pengguna Internet : 313,8 juta orang
Jumlah Penduduk : 1.266.883.598 jiwa
Rasio : 22%
Lokasi : Benua Asia

Selain berpenduduk besar, India juga relatif maju dalam bidang teknologi telekomunikasi. Banyak orang India yang menduduki posisi eksekutif di perusahaan-perusahaan teknologi dunia.

Dari sekitar 1,2 miliar orang yang menjadi penduduk India, sebanyak 313 juta orang menjadi pengguna internet. Artinya, 22 persen penduduk India telah berstatus pengguna internet. Artinya pula, 10 persen pengguna internet dunia berasal dari India.

4. Brazil
Jumlah Pengguna Internet : 1213,5 juta orang
Jumlah Penduduk : 205.823.665 jiwa
Rasio : 58%
Lokasi : Benua Amerika Selatan

Dibandingkan negara-negara tetangganya di Amerika Latin, Brazil tergolong negara yang paling maju dalam bidang ekonomi. Hal itu pun berdampak pada gaya hidup penduduknya yang makin dekat dengan sarana teknologi, termasuk internet.

Dari total penduduk Brazil yang sekitar 205 juta, sebanyak 120 juta orang telah menjadi pengguna internet. Artinya, 58 persen penduduk Brazil telah aktif di internet, dan artinya pula 4,5 persen pengguna internet dunia berasal dari Brazil.

5. Jepang
Jumlah Pengguna Internet : 105,0 juta orang
Jumlah Penduduk : 126.702.133 jiwa
Rasio : 82%
Lokasi : Benua Asia

Jepang sudah terkenal sebagai negara dengan teknologi maju. Dalam bidang internet, mereka juga terkenal sebagai negara yang memiliki fasilitas internet dengan kecepatan tinggi.

Dari sekitar 126 juta jiwa penduduk Jepang, ada sekitar 105 juta orang yang menggunakan internet. Artinya, 82 persen warga Jepang telah berinteraksi dengan internet, dan 4,2 persen pengguna internet di dunia berasal dari jepang.

6. Indonesia
Jumlah Pengguna Internet : 112,6 juta orang
Jumlah Penduduk : 258.316.051 jiwa
Rasio : 40%
Lokasi : Benua Asia

Indonesia memiliki penduduk sekitar 258 juta jiwa. Dari total jumlah itu, sebanyak 112 juta di antaranya adalah pemakai internet aktif. Artinya, 40 persen penduduk Indonesia telah menggunakan internet, dan sebanyak 4,4 persen pengguna internet dunia berasal dari Indonesia.

Jumlah itu mungkin tergolong masih rendah, karena masih banyaknya warga Indonesia yang belum tersentuh internet. Selain sarana yang belum memungkinkan, fasilitas internet di Indonesia juga belum bisa dibilang memuaskan.

Hingga saat ini perkembangan internet masih terus berlanjut. Sebagai pengguna internet kita harus bersyukur karena perkembangan internet membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Selain itu, kita juga harus bijak dalam menggunakannya dan memberikan kontribusi positif pada perkemabangan internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Recent Posts Widget

Buku Tamu

Komentar Terbaru

Statistik